cara mengatasi agar tinta sablon tidak cepat mengering/mampet di screen

Bagi para Sabloner mania khususnya pemula dibidang sablon manual, sering berhadapan dengan masalah yang satu ini yaitu Tinta sablon yang cepat atau mampet di screen, tentu saja ini akan membuat para sabloner menjadi sangat frustasi. Nah kini kita akan mencoba membahas secara menyeluruh mengenai cara mengatasi hal ini, silakan disimak :

Penyebab screen cepat kering/mampet adalah ruangan sablon yang terlalu banyak ANGIN (secara langsung) dan PANAS yang berlebihan, kegiatan sablon dilakukan sebaiknya diruang tertutup yang "agak lembab" untuk mengatasi hal ini.

Salah satu penyebab tinta sablon yang cepat mengering atau mampet di screen adalah pasta (tinta) yang terlalu kental atau memang bersifat cepat kering, cara mengatasinya adalah dengan menggunakan pengencer/pelembab tinta, silakan tanyakan saja ke toko-toko sablon (SPS) langganan anda, pasti ada dijual, untuk yang harganya murah dan lumayan bagus silahkan gunakan "PRINTOL", tapi ingat, cat/pasta tinta yang terlalu encer, akan mempengaruhi kualitas sablon diantaranya adalah hasil sablon yang "mleber" atau pinggirannya tidak tajam, tambahkan/campurkan pengencer/pelembab sedikit demi sedikit, lalu di aduk untuk mendapatkan kekentalan yang pas.

Sebenarnya kedua cara di atas sudah cukup untuk mengatasi problem Sablon screen mampet atau cepat kering, namun di sini kita akan mencoba atau membongkar cara-cara/metode lain yang banyak juga dipakai oleh sabloner-sabloner mania berpengalaman, namun yang harus diingat adalah "Pengalaman adalah guru yang terbaik" jadi sebelum melakukan proses produksi, sebaiknya anda mencoba sampai pas/cocok terlebih dahulu.

1. Siapkan sebotol "Sprayer" disetelkan semprotannya ke yang paling kecil (paling menyebar), lalu isikan wadah botolnya dengan air atau Printol, pada waktu proses Sablon, apabila anda merasa tinta/screennya mulai mengering/mengental, segeralah semprotkan dengan sprayer berisi cairan yang sudah kita siapkan, tujuannya adalah untuk menjaga screen dan tinta kita agar tetap lembab pada waktu kita menyablon dalam jumlah yang banyak, namun yang harus diingat adalah jangan menyemprot dengan jumlah yang banyak karena akan menyebabkan catnya menjadi encer dan screennya menjadi basah, sehingga hasil sablon menjadi "mleber" dan dapat mengurangi kualitas tinta, silahkan mencoba terlebih dahulu.

2. Ini adalah cara yang lebih extreem lagi, pada umumnya problem sablon screen mampet atau kering adalah apabila kita menyablon dengan menggunakan pasta "Rubber" karena pasta rubber memang bersifat cepat sekali mengering apabila terkena panas dan angin, untuk mengatasi hal ini biasanya dapat mencampurkan Pasta Rubber dengan Pasta medium extender, karena pasta ini cenderung lebih encer, campurkan sedikit saja karena pasta ini tidak mengandung Rubber dan berwarna transparant (biasanya disablon ke kaos yang berwarna terang atau putih), untuk ketahanan atau kekuatannya, selama sabloner memakai cat / pasta yang "baik" maka tidak akan menjadi masalah, namun warnanya sedikit ada perubahan, silahkan berexperiment sablon di kaos uji coba terlebih dahulu.

Nah para Sabloner mania, silahkan mencoba cara-cara mengatasi problem sablon screen mampet atau kering yang sudah di jelaskan di atas, alhasil maka problem sablon mampet/kering sudah tidak lagi menjadi masalah, terima kasih sudah mengunjungi clarisdistro.com - jasa sablon kaos murah dan berkualitas bintang lima. artikel ini boleh di bagikan atau dicopas selama tidak mengurangi isinya dan menyebutkan sumbernya (clarisdistro.com).

Komentar

Postingan Populer